Menurut Ukuran Kesehatan, Berapa Kali Sehari Kita ke Toilet?

Dalam sehari, berapa kali sih kamu buang air kecil? Pernahkah kamu menghitungnya? Apakah kamu buang air kecil setiap dua jam sekali dan buang air kecil lebih dari 10 kali dalam setiap hari? Ternyata nih ya, normalnya seseorang dalam sehari buang air kecil yakni sebanyak 5 sampai 7 kali.

Kurang dari itu, mungkin tubuh sedang mengalami dehidrasi atau mengalami kekurangan cairan dalam tubuh. Sementara itu, lebih dari itu kemungkinan besar seseorang memiliki konsumsi cairan yang berlebih. Tak hanya itu saja, Neil Grafstein, MD seorang asisten profesor urologi di Mount Sinail Hospital di New York City mengungkapkan bahwa frekuensi normal aktivitas buang air kecil tergantung pada konsumsi cairan dalam tubuh.

Semakin banyak cairan yang dikonsumsi memungkinkan seseorang buang air kecil dengan frekuensi yang makin banyak. Beberapa minuman yang mengandung alkohol dan kafein bahkan dipercaya meningkatkan aktivitas buang air kecil. Para ahli mengatakan jika kandungan senyawa pada minuman beralkohol dan kafein bersifat mengiritasi kandung kemih dan membuat seseorang lebih mudah merasa ingin buang kecil.

loading...

Sementara itu, Ekene Enemchukwu, MD, dari Stanford Medical Center mengatakan bahwa untuk orang-orang yang kesehatan tubuhnya terjaga dan tidak mengalami masalah pada kandung kemih, biasanya dalam sehari ia akan buang air kecil sebanyak 4 hingga 7 kali. Tapi, hal ini tidak menutup kemungkinan ia akan buang air kecil lebih dari 7 kali saat ia mengonsumsi cairan dalam jumlah banyak.

Lantas, kalau seseorang menahan buang air kecil, apakah ini berbahaya bagi kesehatan? Para ahli mengungkapkan bahwa menahan buang air kecil dalam waktu yang sebentar tidak apa-apa. Tapi, jika menahan buang air kecil ini dilakukan dalam waktu yang lama dan membuat daerah sekitar organ intim serta kandung kemih sakit, hal ini sangat berbahaya. Terlebih lagi, jika menahan buang air kecil ini dilakukan sangat sering.

So, sekarang semakin tahu kan berapa kali seharusnya seseorang buang air kecil dalam sehari? Jika kamu memiliki rutinitas buang air kecil yang sangat sering, bisa saja hal ini menunjukkan bahwa kamu dalam kondisi yang kurang terjaga atau prima. Untuk mengatasinya, kamu harus bisa melatih diri agar hasrat buang air kecil bisa dikurangi dan kamu pun mendapatkan kebiasaan normal saat buang air kecil. Semoga, informasi ini bermanfaat.

 

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar Anda