Ternyata Ada 10 Khasiat Dahsyat Jagung Yang Kita Tak Tahu

Tahukah Anda, Jagung biasa digunakan sebagai salah satu bahan  pembuatan resep masakan. Di Indonesia sendiri masih jarang  menjadikannya sebagai makanan pokok sehari-hari. Padahal budidayanya sudah banyak dilakukan sehingga bisa dengan mudah didapatkan. Biasanya memang hanya dijadikan sebagai bagian campuran dalam sup. Jagung yang agak tua dapat diolah menjadi popcorn yang sangat nikmat. Tapi memang dibalik rasanya yang enak, sangat baik dikonsumsi oleh siapapun, kapanpun, dimanapun karena menurut para ahli mengandung zat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Simak di bawah ini penjelasannya

Beberapa manfaat jagung selain sebagai sumber karbohidrat namun sangat mengandung nutrisi yang mampu mengatasi permasalahan kesehatan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sumber Kalori

Jagung merupakan sumber yang kaya kalori dan sering dijadikan makanan pokok. Kandungan kalorinya adalah 342 kalori per 100 gram, yang merupakan salah satu jenis sereal yang tinggi. Hal tersebut membuatnya sering dikonsumsi untuk mendapatkan berat badan yang cepat. Kondisi pertumbuhannya yang fleksibel, membuatnya penting bagi kelangsungan hidup puluhan negara berbasis pertanian

2. Mengurangi resiko wasir

Kandungan serat dari satu cangkir jagung, mencukupi 18,4% serat dari jumlah harian yang dibutuhkan akan membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Serat akan membantu buang air besar, yang merangsang gerak peristaltik dan bahkan merangsang produksi asam lambung dan empedu. Hal ini juga dapat mengurangi kemungkinan diare.

3. Sumber Vitamin

Jagung kaya akan manfaat vitamin b, khususnya Thiamin dan Niacin. Thiamin penting untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Kekurangan niasin dapat menyebabkan penyakit yang ditandai dengan diare, demensia dan dermatitis yang umumnya diamati pada orang kekurangan gizi. Jagung merupakan sumber asam pantotenat, karbohidrat, protein, dan lemak. Kekurangan asam folat pada wanita hamil dapat menyebabkan kelahiran bayi yang cacat tabung saraf.

Bijnya kaya akan manfaat vitamin E, sebagai antioksidan alami yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perlindungan tubuh.

4. Kaya Mineral

 

Jagung mengandung mineral yang melimpah dan menguntungkan tubuh. Fosfor, magnesium, mangan, seng, zat besi dan tembaga juga banyak ditemukan di semua varieta. Juga mengandung mineral seperti selenium, yang sulit ditemukan dalam bahan makanan lain.

Fosfor sangat penting untuk mengatur pertumbuhan, kesehatan tulang dan fungsi ginjal yang optimal. Magnesium diperlukan untuk menjaga detak jantung normal dan meningkatkan kekuatan tulang.

5. Sifat Antioksidan

Menurut studi yang dilakukan di Cornell University, merupakan sumber yang kaya antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab kanker. Bahkan, tidak seperti banyak makanan lain, memasak makanan dapat meningkatkan jumlah antioksidan dalam jagung manis. Manfaat antioksidan telah terbukti mengurangi kanker karena kemampuan mereka untuk menginduksi apoptosis pada sel kanker, sementara sel-sel sehat tidak terpengaruh.

Hal tersebut sangat relevan ketika phytochemical adalah sumber antioksidan, yaitu bahan kimia yang tinggi dalam jagung.

6. Melindungi Jantung

Menurut peneliti, minyak jagung telah terbukti memiliki efek anti-aterogenik pada tingkat kolesterol, sehingga mengurangi risiko berbagai penyakit kardiovaskular. Minyak jagung, khususnya, adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung, dan ini berasal dari fakta bahwa jagung dekat kombinasi asam lemak yang optimal. \

Hal ini memungkinkan asam lemak omega-3 untuk menanggalkan yang merusak kolesterol “jahat” dan menggantinya di situs mengikat. Ini akan mengurangi kemungkinan arteri menjadi tersumbat, akan mengurangi tekanan darah, dan mengurangi perubahan serangan jantungdan stroke.

7. Mencegah Anemia

 

Vitamin B12 dan asam folat hadir dalam jagung, untuk mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan vitamin ini. Juga memiliki tingkat zat besi yang signifikan dan merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah baru. Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab utama anemia juga.

8. Menurunkan Kolesterol LDL

Menurut Journal of Nutritional Biochemistry, konsumsi minyak kulit jagung akan menurunkan kolesterol LDL, dengan mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Penurunan kolesterol LDL tidak berarti pengurangan kolesterol HDL, yang dianggap “kolesterol baik” dan memiliki berbagai efek yang menguntungkan pada tubuh, termasuk pengurangan penyakit jantung, pencegahan dan aterosklerosis.

9. Vitamin A

Warna kuningnya merupakan sumber yang kaya beta karoten, untuk membentuk vitamin A dalam tubuh dan sangat penting untuk memelihara mata dan kulit. Beta karoten merupakan sumber vitamin A karena dikonversi dalam tubuh, tetapi hanya dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh. Vitamin A bisa menjadi racun jika terlalu banyak dikonsumsi, sehingga menurunkan vitamin A melalui transformasi beta karoten sangat ideal. Manfaat vitamin A juga berguna bagi kesehatan kulit dan lendir membran, serta meningkatkan sistem kekebalan
tubuh.

10. Mengontrol Diabetes dan Hipertensi

Makan buah-buahan yang lebih organik dan sayuran seperti jagung, telah dianggap berkaitan dengan penurunan tanda-tanda diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi biji jagung dapat membantu pengelolaan insulin dan efektif terhadap hipertensi karena adanya phytochemical fenolik. Fitokimia dapat mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, yang dapat mengurangi kemungkinan pasien untuk membantu mempertahankan gaya hidup yang lebih normal.

Pada masyarakat sekitar Jawa Timur dan Madura, biasa dijadikan makanan pokok bagi penduduknya, karena kandungan karbohidratnya yang mempu menggantikan manfaat nasi. Kandungan karbohidratnya yang tinggi ini menjadikannya sebagai salah satu makanan pokok di negara maju seperti Amerika. Beberapa mineral penting juga sangat kaya pada jagung. Selain itu pengolahan juga sebenarnya sangat baik, karena sangat nikmat apabila dibakar ataupun direbus, tanpa minyak dan bebas kolesterol.

So, sangat banyak manfaat jagung yang akan Anda peroleh dengan mengkonsumsi jagung. Mulailah untuk mempertimbangkannya untuk makanan pokok. 🙂

Bagaimana menurut Anda Sudahkan Anda konsumsi Jagung setiap hari?

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar Anda