Ingin Dapur Suasana Baru, 10 Tips Ini Bisa Dicoba

Apakah Anda ingin merenovasi dapur tapi terkendala masalah biaya? Jangan khawatir, di homify selalu ada solusi untuk masalah tata ruang rumah Anda. Mengubah tampilan satu bagian dinding dapur bisa menghasilkan wajah ruang masak yang lebih segar dan seperti baru. Bisa dilakukan dengan menempatkan obyek dekoratif, mengganti warna dinding, rak. atau bingkai foto. Sederhana bukan? Silakan membaca ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Jam dinding kuno

Asesoris atau hiasan dinding sederhana bisa membuat dapur Anda tampil beda. Asesoris semacam ini bisa ditemukan di toko cinderamata atau toko barang bekas. Siapa tahu Anda bisa menemukannya di gudang rumah ibu Anda. Jam dinding kita butuhkan untuk mengetahui kapan masakan siap diangkat, atau kapan kita harus menjemput anak pulang sekolah. Pilih saja yang sesuai dengan selera Anda.

2. Dinding warna cerah

Backsplash tempat masak memang mudah kotor karena percikan minyak atau bumbu. Jadi bagian ini sebaiknya sering dibersihkan, atau dicat ulang jika sudah tampak lusuh. Anda hanya butuh sekaleng cat kecil dan beberapa jam saja untuk melakukannya. Bagaimana kalau dicat kuning seperti contoh ini agar dapur Anda tampak ceria?

3. Rak baru

Rak selalu dibutuhkan di rumah sebagai tempat penyimpanan, termasuk di dapur. Pilih rak yang tidak biasa agar dapur tampak bersih, menyenangkan dan berkarakter. Misalnya rak kaca atau akrilik biru seperti contoh ini.

4. Tanaman aromatik

Tanaman aromatik bisa membuat masakan Anda bercita rasa. Tanaman ini juga bisa mengubah tampilan dinding dapur Anda. Caranya, gantungkan beberapa pot tanaman aromatik seperti contoh ini. Pot gantung plastik tidak sulit dicari di pasaran. Sedangkan tanaman aromatik yang bisa digunakan adalah mint, kemangi, thyme, dan rosemary yang bibitnya kini dijual bebas.

5. Bunga

Bila Anda kurang suka tanaman aromatik, bisa menggunakan tanaman bunga untuk memperindah dinding dapur. Gantungkan pot bunga kecil dengan susunan seperti contoh. Sedangkan untuk pot bunga bisa pilih mau pakai pot plastik atau pot tanah liat.

6. Catatan sayang

Dalam bahasa Portugis, Bom Dia Amor artinya adalah ‘Semoga harimu menyenangkan, Sayang.’ Letakkan papan tulis hitam di dinding dapur dan tuliskan kata-kata mutiara indah di sana. Tidak harus pakai bahasa Portugis kok. Misalnya. ‘Hati-hati di jalan, Sayang’, atau ‘Semoga hari ini banyak rejeki Ayah/ Bunda,’  atau ‘Mama/Papa sayang Adek/Kakak.’ Pilih kata mutiara yang menyentuh hati semua penghuni rumah, baik pasangan maupun anak. Dinding akan terlihat lebih segar, begitu pula jiwa Anda.

7. Mural

Mural atau lukisan dinding selalu jadi solusi hemat untuk mempercantik rumah. Lebih fantastis lagi jika dinding yang berhias mural adalah dinding yang tidak terlalu lebar, misalnya backsplash. Jika Anda hendak menghias backsplash dengan mural, jangan lupa melapisinya dengan kaca agar lukisan tidak kotor kena percikan minyak.

8. Kecerahan

Cahaya akan mencerahkan hidup kita, demikian juga dapur Anda. Meletakkan lampu dengan cara seperti contoh bisa membuatnya tampil lebih menarik dan memudahkan Anda saat memasak.

9. Foto kenangan

Foto-foto masa kecil, pemandangan, atau foto pernikahan kan membuat dinding dapur lebih menarik perhatian. Pilih foto yang paling berkesan dan mengandung warna serasi. Dalam contoh ini foto hitam putih dipilih agar serasi dengan dinding yang dicat abu-abu.

10. Perangkat masak unik

Anda punya koleksi perangkat makan atau memasak berwarna unik? Ini bisa juga dimanfaatkan menjadi hiasan dapur lho. Jangan lupa membersihkannya dengan cermat setelah digunakan agar tetap menarik sebagai elemen hias.

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar Anda