Ajak Anak Kita Olahraga Agar Dewasa Tak Jadi Pemalas

Olahraga merupakan aktivitas penting yang harus diajarkan pada anak sejak dini. Hal ini dikarenakan, jika anak terbiasa melakukannya sejak kecil, maka saat dia tumbuh dewasa dia juga akan terbiasa melakukan hal serupa.

Anak yang terbiasa beraktifitas, kemungkinannya untuk terkena obesitas berkurang daripada anak-anak yang tidak melakukan olahraga. Selain itu, si kecil juga berisiko rendah memiliki masalah kesehatan pada jantungnya.

Karena manfaatnya yang bagus untuk kesehatan mereka inilah, maka sudah menjadi kewajiban kita sebagai orang tua untuk mendorong anak-anak kita untuk mencintai olahraga sejak dini. Bagaimana caranya? Berikut tips yang bisa Anda praktikkan bersama anak-anak Anda. Yuk, simak.

  1. Luangkan waktu di sela-sela kesibukan Anda untuk berolahraga bersama mereka. Selain dapat menghabiskan waktu bersama, ini juga merupakan cara yang bagus untuk mendekatkan diri ke anak-anak.
  2. Cari olahraga yang mudah dan mereka sukai. Anak-anak biasanya tidak beraktifitas karena mereka menganggapnya membosankan. Dengan jiwa petualang yang kuta, anak-anak selalu menginginkan sesuatu yang menarik dan membuat mereka tertantang untuk melakukannya. Maka sudah tugas kita sebagai orang tua untuk mencari tahu olahraga apa yang pas dan sesuai untuk mereka, tidak terlalu sulit untuk dilakukan tapi tetap memiliki tantangan tersendiri yang bisa membuat anak-anak tertarik untuk melakukannya.
  3. Buatlah aktifitas fisik menjadi sesuatu yang menyenangkan. Anak-anak akan termotivasi oleh sesuatu yang menyenangkan. Cobalah membuat tempat outbond mini di halaman belakang Anda, dan bukannya memintanya push-up yang mungkin masih terlalu susah untuk mereka lakukan di usianya.
  4. Berikan hadiah. Meski terkesan pamrih, namun jika dilakukan dengan cara yang benar dan fair, pemberian hadiah dapat memotivasi anak-anak untuk beraktifitas fisik. Buat tabel dan tuliskan berapa lama mereka berolahraga setiap hari dan apa jenis latihan itu. Berbagai jenis olahraga memiliki poin yang berbeda. Tetapkan hadiah bagi mereka untuk masing-masing olahraga yang berbeda tadi.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengajak anak menyukai berolahraga sejak dini. Semoga bermanfaat, Bunda!

Facebook Comments

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Komentar Anda