Selingkuh? Ternyata Pria dan Wanita Punya Alasan Berbeda

Selingkuh tampaknya menjadi hal biasa pada era milenium ini, ada yang memang niat dan ada juga yang tidak sengaja menerima karena ditawarkan oleh semesta. Apa Anda pernah diselingkuhi? Atau bahkan Anda yang berselingkuh? Lalu, apa bedanya alasan selingkuh antara pria dan wanita, ya? Untuk Anda yang penasaran, baiknya simak dulu sedikit penjelasan dibawah ini.

Apa sih artinya selingkuh?

Selingkuh menurut Whitehead, seorang psikolog AS yang meneliti tentang hubungan, adalah segala bentuk perilaku yang yang mengarah pada hubungan yang melibatkan orang lain di luar pasangan (suami istri atau kekasih) dengan memberi atau menerima perlakuan yang seharusnya diberikan pada pasangan atau membentuk perlakuan dengan hubungan seksual antara 2 (dua) orang.
Di zaman yang serba canggih ini, selingkuh tidak hanya dilakukan dalam bentuk fisik, tapi bisa secara non fisik (melalui telepon, aplikasi chatting, dan media sosial). Alasan selingkuh sesorang juga bermacam, yuk simak alasan selingkuh pria dan wanita

Alasan pria selingkuh

1. Tergoda oleh wanita yang lebih cantik

Pria mata keranjang memang banyak, apalagi dengan jargon “harta, tahta, dan wanita.” Alasan ini memang menjadi faktor tertinggi mengapa pria sampai bisa selingkuh. Bukan salah wanita dengan paras yang menggoda, tetapi di sini yang diuji adalam iman dan komitmen pria dalam suatu hubungan. Alasan klasik seperti ini memang akan banyak ditemui, tergantung bagaimana pria bisa mengendalikan pandangannya terhadap komitmen hubungan dan wanita lain.

2. Bosan

Setiap pasangan pasti akan bosan satu sama lain. Tetapi bosannya pria akan berbeda. Menurut sebuah penelitian dilansir dari WebMd, pria akan mencari wanita yang lebih menarik dari pasangannya. Pria akan lebih mudah menemukan wanita lain jika ia terkait lingkungannya sehari-hari. Seperti di tempat kerja, di lingkungan pertemanan atau bahkan sampai mencari lewat aplikasi kencan masa kini.

3. Merasa tidak dihargai oleh pasangan

Dalam suatu hubungan pasti ada yang mendominasi di antara keduanya. Pada faktor alasan selingkuh ini, Anda pastinya pernah mengalami di mana semua hal diatur, diperintah, dituntut bahkan didominasi oleh pasangan wanita. Hal ini dapat mengakibatkan pria merasa tidak memiliki kebebasan dan harga diri, karena semua telah diatur oleh pasangan. Maka dari itu pria akan mencari wanita yang bisa menghargai perannya sebagai seorang pria.

Alasan wanita selingkuh

1. Faktor ekonomi

Memang tak semua wanita itu materialistis. Namun, secara umum, alasan selingkuh ini sering ditemukan pada  fase hubungan perkawinan. Alasan klasik ini memicu naluriah seseorang, terutama wanita, untuk mendapatkan sandaran yang bisa “menjaga” dirinya sepenuhnya. Maka, tak jarang wanita akan mencari pria dengan finansial lebih baik dari pasangan sebelumnya.

2. Balas dendam

Untuk hal ini pria dan wanita punya perasaan yang sama. Balas dendam memang unsur yang tidak bisa dihilangkan begitu saja jika memang hati Anda pernah terluka. Umunya wanita akan melakukan balas dendam pada lelaki yang sama atau yang berbeda. Tergantung dari bagaimana perbuatan pria yang pernah menyakitinya.

3.Kurangnya kasih sayang dan keintiman

Wanita yang kurang mendapatkan kasih sayang awalnya akan mencari perhatian dari pasangannya. Namun jika hal ini terlalu lama terjadi, wanita akan mencari pria lain yang bisa memberikan kasih sayang. Sebetulnya alasan ini umum terjadi tidak hanya oleh wanita saja, pria pasti punya alasan sejenis yang memungkinkan ia mencari orang lain agar kasih sayangnya terpenuhi.

Kesimpulan

Dari semua alasan selingkuh di atas, bisa dibandingkan perbedaannya. Pria lebih didominasi faktor eksternal dari alasan perselingkuhan. Faktor yang awalnya berasal dari  pria yang merasa hubungannya tidak bahagia dan hawa nafsu akan wanita lain, akhirnya diakhiri dengan mencari pelampiasan keluar.

Begitupun akhirnya dengan alasan wanita berselingkuh. Faktor internal dari wanita dan hubungan yang dijalaninya juga berlandaskan lebih kepada ketidakpuasan dirinya akan apa yang ada pada pasangannya.

Jika Anda bosan, teliti lagi alasan mengapa Anda bisa bosan, bukan lari menjauh. Hubungan yang sehat harusnya tumbuh dan berkembang. Merasa bosan adalah salah satu tanda bahwa hubungan Anda hanya berjalan di tempat. Daripada selingkuh, sebaiknya tingkatkan romantisme bersama pasangan, ubah gaya hubungan sehari-hari, dan komunikasi perasaan Anda.

Facebook Comments

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Komentar Anda