Insomnia Sulit Tidur? Coba Tips Ini

Kesulitan tidur di malam hari, atau yang dikenal dengan insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.
Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.
Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat. Semua obat sedatif memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut.


Ada banyak alasan mengapa seseorang sulit tidur.

Stres, sering bermain gadget, kebanyakan makan, dan masih banyak lagi bisa menjadi alasannya.
Beberapa kebiasaan yang mungkin tanpa kamu sadari sering dilakukan.
Jika ingin tidur nyaman di malam hari dan segar selepas tidur, kamu bisa melakukan beberapa hal ini.
Dilansir laman justnaturalhealthy berikut kebiasaan yang musti kamu hindari sebelum tidur.
1. Hindari menonton TV atau menggunakan komputer di malam hari, setidaknya satu jam atau lebih sebelum tidur.
2. Pastikan kamu mendapatkan paparan sinar matahari secara teratur.
3. Tidur dalam keadaan gelap gulita.
4. Jika tak suka tidur dalam keadaan gelap, gunakan lampu rendah watt. Biasanya berwarna kuning, oranye atau merah.
5. Jaga suhu kamar tidur tidak lebih dari 70 derajat F, atau berkisar 21 derajat Celcius.
6. Mandi air hangat 90 sampai 120 menit sebelum tidur.
7. Hindari menggunakan jam alarm keras.
8. Dapatkan matahari pagi untuk membuat tubuh siap bangun.
9. Hilangkan semua medan elektromagnetik.
Facebook Comments

Tinggalkan Komentar Anda